Upaya Membangun Profesionalisme Guru


Pencapaian tujuan sekolah dan pendidikan secara efektif dan efisien diperlukan dan diharapkan sebuah hubungan yang erat kepada masyarakat atau publik. Hubungan sekolah dengan publik adalah suatu sarana yang sangat berperan dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik disekolah. Dalam hal ini, sekolah hanya sebagai sistem sosial, dimana masyarakat atau publik merupakan bagian integral dari sistem sosial yang berberan sangat besar. Disamping itu juga sekolah diharapkan sebagai pelopor dan pusat perkembangan bagi perubahan-perubahan masyarakat didalam kehidupan ekonomi, kebudayaan, teknologi, dan dapat disesuaikan dengan keberadaan sekolah. Majunya pendidikan dapat ditunjukkan oleh para pendidik disekolah melalui proses pengajarannya yang masih melakukan subject matter centered, namun yang diharapkan guru harus melakukan comunity life centered; artinya tidak lagi berpusat hanya dengan buku, namun diperlukan agar berorientasi pada kebutuhan kehidupan didalam masyarakat atau publik. Dimana konsep pendidikan yang demikian mengandung implikasi-implikasi yang berhubungan erat dengan masyarakat ataupun publik.
Metode yang dilakukan adalah metode gagasan dimana melakukan pengumpulan berbagai pendapat sebagai sarana pemahaman tentang kemitraan sekolah untuk membangun mutu pendidikan disekolah. Dari gagasan tersebut, Kemitraan Sekolah sangat berperan penting didalam pengembangan mutu pendidikan disekolah, dimana para guru di sekolah diharapkan supaya mengetahui kondisi lingkungan peserta didik; kepala sekolah dan guru diharapkan mampu memanfaatkan sumber-sumber yang ada dimasyarakat/publik; sekolah harus bekerja sama dengan organisasi dan instansi yang memiliki tugas penting terhadap peserta didik; guru harus siap mengikuti dan mengkaji sumber-sumber sebagai masukan perkembangan  pendidikan. Sebagai tolak ukur kemitraan sekolah adalah harus melakukan hubungan edukatif, hubungan kultural dan hubungan institusional.

Dengan memahami peranan kemitraan membangun mutu pendidikan, penulis berkesimpulan bahwa sangat diperlukan sebuah hubungan yang erat antara sekolah dengan masyarakat dan publik, dimana kemitraan ini tidaklah dapat terpisahkan begitu saja. Dimana kemitraan sekolah memiliki peranan penting membangun dan meningkatkan keprofesionalan Guru disekolah untuk peningkatan mutu pendidikan peserta didik disekolah. Dimana sekolah tersebut di isi oleh Kepala Sekolah; Guru; Stap Penata Usahaan Sekolah dan juga Peserta Didik.

Sumber : 
https://www.kolaborasipengetahuan.com/2018/07/upaya-membangun-profesionalisme-guru.html
====================================================================

Siapkah kita untuk menyosong Era Globalisasi?
Senjata apa yang perlu kita siapkah?....Referensi dibawah ini untuk bekal nanti?!


Upaya Membangun Profesionalisme Guru didalam Menghadapi Era Globalisasi Melalui Kemitraan Sekolah
https://goo.gl/Wbpc2u

Ide Inovatif Sederhana Yang dapat dilakukan didalam Proses Belajar Mengajar
https://goo.gl/UZxD9a

Salah Satu Cara Menguasai Teknologi Didalam Proses Pembelajaran
https://goo.gl/UZcu1R

Solusi Tenaga Pendidik didalam Melakukan Penelitian
https://goo.gl/Za3Fmm

Peningkatan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karir
https://goo.gl/YNiiK6

Mengetahui dan Memahami Tentang Standar Pendidikan Nasional
https://goo.gl/CG3W6a

Mengetahui Beban Kerja Guru
https://goo.gl/56qPw2

Rangkaian Kegiatan PLS/MOS
https://goo.gl/jNdYDi

Semoga bermanfaat...