Tutorial Membuat APK dari PPT (Power Point)


Saat ini presentasi semakin mudah dilakukan dengan adanya proyektor yang compatible dengan Smartphone. Hanya saja bila kita membuka file PPT di Smartphone tidak semua aplikasi office bisa menampilkan animasi yang ada pada PPT. Tampilan isinya keluar seperti tidak ada animasinya. Dengan dikonversi menjadi APK maka file PPT bisa dibuka seperti halnya di buka dengan Slideshow di powerpoint dan tidak membutuhkan lagi aplikasi office.  Termasuk Audio, video dan animasi didalamnya bisa dimainkan.


Banyak Aplikasi membuat APK tanpa ribut bahasa pemograman (coding) yang di tawarkan di internet. Bagaimana membuat aplikasi APK ( Android ) dari file PPT ( Powerpoint ) secara singkat dan mudah. Mari kita bahas cara membuat aplikasi APK dari file  Powerpoint .

Langkah-langkah: 

Siapakan aplikasi JRE 6 win.32bit.
Untuk mengecek apakah sudah terinstall atau belum? lihat cara berikut :
Buka Control Panel – Program – Programs and Features , pada tampilannya cari aplikasi Java. Bila tidak ada silahkan lakukan instalasi, ( Rekomended JRE 6 ).

 Dua tahap untuk mengubah file PPT ke .apk adalah :
        1.    Mengubah file PPT ke WTPPT (menggunakan TouchShow)
        2.    Mengubah file WTPPT ke APK (menggunakan GenApkShell2)

1. Merubah file Powerpoint kedalam WTPPT
Terlebih dahulu tambahkan menu TOUCHSHOW pada office powerpoint dengan menginstall aplikasi Touchshow yang bisa di download  disini
Selanjutnya lakukan penginstalan. Bila sudah terinstal sahabat akan menemukannya shortcut didalam dekstop komputer atau laptop sobat seperti gambar ini :

Cara 1 :
Klik shortcut WTPPT pada dekstop, kemudian pilih file ppt atau file powerpoint yang akan dikonversi. Tunggu sampai selesai proses konversinya ( bila selesai biasanya hilang otomatis tidak ada Klik Finish),

Selanjutnya bila berhasil dikonversi hasilnya akan otomatis disimpan di Folder yang sama dengan  file ppt tadi.


Cara 2 :
Pada tampilan Powerpoint ada tambahan Menu TOUCHSHOW seperti berikut :


Konversi bisa dilakukan pada saat file dibuka pada Powerpoint, kemudian Klik pada Menu TOUCHSHOW , lalu Klik Convert to wtptt :


Tunggu hingga proses converting selesai :
Setelah selesai.... proses otomatis selesai ( tidak Klik tombol Finish ). Pada folder penyimpanan akan tampak 2 file dengan Nama SAMA tapi Ekstensi berbeda
 



OK file WTPTT yang akan dibuat APK sudah siap


2.  Mengubah file WTPPT ke APK (menggunakan GenApkShell2)
Setelah menjadi file WTPPT shobat tinggal download makeApk tool Toucshow, shobat bisa download disini . Sekali lagi pastikan JRE 6 sudah terinstall.


Selanjutnya setelah makeapk.zip sudah terunduh kemudian ekstraklah. Lalu jalankan file GenApkShell2.exe . Berikut tampilan menunya :


1.      Tulis Nama Package, contoh : com.kisahkatakkecil ( gunakan huruf kecil semua )
2.      Tulis Nama ( Judul ) Aplikasi yang akan ditampilkan di Handphone. contoh : Kisah Katak Kecil
3.      Insert File WTPPT nya
4.      Insert Icon Aplikasi bila diperlukan
5.      Untuk License dikosongi aja

Kemudian shobat pilih Generate APK , selanjutnya shobat menunggu sebentar sampai jendela CMD hilang atau tidak ada tampilan dilayar desktop.


Selanjutnya hasil dari file apk akan tersimpan otomatis pada folder yang sama dengan file pptx/wtppt shobat yang buat tadi.
Okey File APK sudah jadi , tampak pada folder yang sama terdapat 3 file dengan ekstensi berbeda yaitu :
1.  NamaFile.apk
2.  NamaFile.ppt
3.  Namafile.wtppt


File.apk yang sudah jadi silahkan di-Install pada handphone Android shobat atau pada emulator android pada Laptop atau PC,  kemudian shobat bisa mencoba untuk menjalankannya.
Demikian  Tutorial Membuat APK dari PPT (Power Point), silahkan dicoba untuk file PPT yang lain.

Catatan : Untuk latihan ini File PPT usahakan tidak terlalu banyak slide ( max 30 slide ). Ukuran file setelah menjadi APK terlalu besar dan bila dijalankan di Android terlalu berat.
Semoga bermanfaat ...