MENU OMAH BELAJAR

Sudahkah kita melaksanakan KBM online dengan memanfaatkan situs belajar online? Sudahkah kita tahu alamat website pendidikan untuk media pembelajaran online?
Apakah Anda tertarik untuk belajar sendiri, memanfaatkan kursus online untuk mengedukasi. Di Menu “Omah Belajar adalah belajar tanpa ada batas usia, gender, ruang maupun waktu jika anda ingin selalu update wawasan dan skill Anda! Simak ulasan singkat dan klik tautannya dibawah ini:


1. MOOC.SEAMOLEC
Situs memanfaatkan kursus online untuk mengedukasi. Jelajahi kursus dan program online di bidang utama seperti ilmu komputer , ilmu data , bisnis dan manajemen , dan banyak lagi.
http://mooc.seamolec.org/

2. Rumah belajar KEMDIKBUD
Kemdikbud memiliki portal media pembelajaran online bernama Rumah Belajar. Di situs pembelajaran online yang satu ini tersedia serbaneka sumber belajar mulai dari buku sekolah elektronik (BSE), bank latihan soal, kegiatan laboratorium online, media visual peta budaya Indonesia, simulasi penjelajahan angkasa, materi panduan pengembangan keprofesian berkelanjutan, hingga kegiatan belajar kelompok online. Selain dapat memanfaatkan website pendidikan ini sebagai media pembelajaran, sahabat guru juga dapat ikut berkontribusi untuk membuat media pembelajaran online yang akan ditampilkan di portal Rumah Belajar. Semangat Menginspirasi!
https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/

3. Ruang Guru
Situs ini dapat dimanfaatkan baik oleh guru maupun siswa, karena disini guru dan siswa dapat berlangganan video materi pembelajaran dan mengerjakan soal-soal tryout berbagai mata pelajaran, membetuk suatu kelompok belajar di dunia maya, dan masih banyak lagi yang lainnya.
https://ruangguru.com/

4. Mobile Edukasi
Situs ini sudah mempunyai aplikasinya sendiri. Selain itu mobile edukasi memberikan kita banyak kemudahan dan fitur seperti AMO ( Aplikasi Mobile Learning), kemudian ATUN (Aplikasi Tryout Ujian Nasional), dan ATA (Aplikasi Teaching Aids). ATUN merupakan sebuah merupakan sebuah aplikasi pendidikan yang bisa kalian pasang pada ponsel kalian. Dan ATA digunakan untuk pembelajaran klasikal. Mobile Edukasi dikembangkan oleh BPMP Kemdikbud untuk media pembelajaran.
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

5. Inibudi
Situs online penyedia media pembelajaran audio visual berupa video interaktif. Video pembelajaran yang disediakan mencakup materi IPA, IPS, Musik, Pengetahuan Umum hingga Bimbingan Karir. Semua konten pembelajaran disediakan secara gratis lho.jadi rugi deh kalo tidak mencobanya.
http://inibudi.org

6. Matematika Studi Center
Situs pendidikan yang menyediakan konten lengkap materi matematika dari SMP hingga SMA. Situs ini menyediakan ringkasan materi, contoh cara mengerjakan soal, hingga kumpulan soal latihan baik per bab maupun soal Ujian. Rekomended untuk tambahan referensi media pembelajaran matematika.
https://matematikastudycenter.com/

7. Matematika dan Pembahasannya
Rekomended untuk tambahan referensi media pembelajaran matematika dan model-model pembelajaran di menu pembelajaran.
https://www.defantri.com/

8. Buka Mata
Media online komunitas Buka Mata yang memperkenal¬kan MathMagic Home School, yakni belajar MathMagic dalam berhitung (Matematika) di rumah, Cepat dan tepat tanpa Kalkulator. MathMagic dibuat untuk menjadi suatu metode belajar matematika (aritmatika) yang me¬mudahkan dan menyenangkan bagi setiap anak yang sedang mempelajari ketrampilan dasar berhitung. Meli¬puti cara sederhana dasar-dasar berhitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan pangkat 2, dan banyak lagi metode-metode baru dalam berhitung yang tidak ada dalam metode belajar matematika di sekolah-sekolah biasa.
http://www.bukamata.com

9. Microsoft Mathematics 4.0 (Situs Belajar Online Matematika)
Situs pembelajaran keluaran Raksasa IT “Microsoft” ini merupakan media belajar online bagi para pembelajar matematika. Kita akan menemukan konsep dasar dan visualisasi dari sisi yang berbeda mulai dari materi matematika paling dasar hingga paling expert semacam kalkulus. Bagi guru matematika, ini adalah website belajar online yang layak untuk dicoba.
https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx

10. Math Worksheet Generator (Situs Pembuat Lembar Kerja Matematika)
Math Worksheet Generator merupakan situs belajar online yang dapat digunakan guru untuk membuat lembar kerja matematika. Database situs akan menyediakan berbagai bentuk soal dan penugasan mulai dari materi matematika dasar hingga matematika tingkat lanjut.
http://www.educationlabs.com/projects/MathWorksheetGenerator/Pages/default.aspx

11. BELAJAR ADAPTIF
IXL membantu siswa unggul! Dengan ribuan topik dalam matematika, seni bahasa, sains, studi sosial, dan Spanyol, selalu ada sesuatu yang baru untuk dijelajahi. IXL menetapkan standar baru untuk pembelajaran online, menawarkan pertanyaan yang dihasilkan secara algoritme tanpa batas, laporan analitis real-time, dan penilaian dinamis untuk mendorong penguasaan. Dirilis pada 2007, sejak itu menjadi situs pembelajaran berbasis langganan paling populer di dunia pra-K ke sekolah menengah atas. Dengan lebih dari 7.000 keterampilan unik dan menantang untuk dikuasai, IXL menawarkan lingkungan yang dinamis dan menyenangkan yang cocok untuk gaya belajar apa pun. Siswa yang menggunakan IXL berhasil tidak seperti sebelumnya.
https://www.ixl.com/

12. STEM SOS
Tentang STEM SOS Model PBL Showcase Project Based Learning (PBL) adalah pendekatan pembelajaran konstruktivis di mana siswa terlibat dalam penyelidikan yang berarti dari minat pribadi kepada mereka dan di mana kolaborasi dan pembelajaran yang dipersonalisasi ditekankan. Penelitian menegaskan bahwa PBL adalah cara yang efektif dan menyenangkan untuk belajar dan mengembangkan kompetensi belajar yang lebih dalam yang dibutuhkan untuk sukses di perguruan tinggi, karir dan kehidupan sipil.
http://www.stemsos.org/

13a. Kahoots
Membuat kuis, bermain di mana saja, kapan saja, sendiri atau dengan teman-teman, bersenang-senang dan BELAJAR! Kahoot! merilis keajaiban pembelajaran bagi siswa, guru, pahlawan super kantor, penggemar trivia dan pembelajar seumur hidup.
https://kahoot.com/

13b. Quizziz
Motivasi murid dan manfaatkan waktumu Quiz independen gratis untuk diulas, Nilai dan ikut bergabung - di kelas dan di rumah.Kuis ini hampir sama dengan Kahoot
https://quizizz.com/

14. Envatotuts+
Situs sekolah online mulai coding, desain, dll.  Rekomendasi yang suka bahasa pemograman (coding)
https://code.tutsplus.com/

15. SEKOLAHKODING
Mau punya kekuatan super? kuasai skill programming alias koding, dengan ini, ngga akan ada lagi batas antara ide dan eksekusi. Mau bikin startup? mau bikin aplikasi? mau bantu banyak orang? tunggu apa lagi..
Tidak seperti kuliah, sekolahkoding membebaskan membernya untuk belajar kapan saja dan dimana saja. Ada juga forum untuk tanya jawab jika bingung di tengah jalan.
Anak IT atau bukan, laki-laki atau perempuan, masih muda atau sudah senior, sekolahkoding tidak peduli. Tidak ada sertifikat, tidak ada nilai, tidak ada ujian. Yang kami tawarkan skill asli yang bisa digunakan di dunia nyata
Website untuk belajar programming dari dasar, desain dan web development online. Fitur Video pembeljaran, ruang diskusi, publish karya anda
https://sekolahkoding.com/

16. CODEPOLITAN
Sebagai tempat bernaungnya para programmer di Indonesia, CodePolitan memiliki fitur yang lengkap. Berbagai fasilitas tersedia untuk memenuhi kebutuhan para programmer, mulai dari konten informatif untuk meningkatkan kemampuan pemrograman hingga hiburan ringan untuk melepas penat di kala stres.
Untuk menambah wawasan para programmer, CodePolitan menyajikan artikel-artikel terkait bahasa pemrograman, tool pemrograman, hingga informasi event atau konferensi terkait.
https://www.codepolitan.com/

17. W3SCHOOLS
adalah situs “Web Development Portal” atau portal yang menyediakan content pembelajaran tentang pengembangan website. Di W3school tidak hanya menyediakan teori saja, tetapi juga menyediakan lembar kerja dalam mengeksekusi skrip atau sintak yang sedang Anda pelajari sekaligus hasil output dari skrip yang Anda tulis, jadi semuanya cukup fokus di portal, ga perlu instal – instal softaware tambahan di laptop atau komputer
https://www.w3schools.com/

18. SCRATCH
Sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula (entah murid, guru, pelajar, atau orangtua) untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis.
https://scratch.mit.edu/

19. E-dukasi.Net (Situs Belajar Online SMP-SMA)
E-dukasi Net adalah salah satu pelopor situs belajar online di Indonesia. Banyak sekali sumber dan media pembelajaran online yang bisa kita dapatkan disini, mulai dari kumpulan ebook pelajaran, video animasi pendidikan, hingga soal-soal latihan yang bisa kita kerjakan secara online. Pokoknya komplit dan pas banget deh bagi guru dan siswa SMP, SMA, dan SMK. (NB: Situs ini saat ini masih dalam kondisi maintenance)
http://e-dukasi.net/

20. WEBSIS
Belajar dengan teknologi Pada abad 21, teknologi adalah alat mendasar yang dapat digunakan untuk mengubah ruang kelas. Integrasi teknologi ke dalam proses pembelajaran dapat memperluas eksplorasi ilmiah untuk guru dan siswa.
https://websis.co.id

21. Edmodo
Ajarkan Lebih Banyak. Belajar Lebih Banyak. Jutaan guru gunakan Edmodo utk berhubungan dgn siswa, dgn guru dan melibatkan orangtua. Menggunakan Edmodo Spotlight, anda dapat mencari dan menemukan tools gratis atau berbayar, apps, games, dan menciptakan koleksi dari sumber favoritmu. Anda juga bahkan dapat mengapload, berbagi, atau menjual konten pendidikan orisinilmu. Tampilan edmodo hampir mirip dengan situs jejaring sosial facebook
https://new.edmodo.com/

22. SCHOOLOGY
Schoology menyediakan fitur untuk mencatat kehadiran, rapot online, ujian online, tugas atau quiz , maupun PR. Tampilannya yang seperti situs jejaring sosial memudahkan penggunanya untuk membuat kelas, grup, ataupun sekolah, seperti membuat grup di facebook.
Schoology menawarkan para pengajar fitur premium berbayar yang mencakup keamanan tambahan, mensinkornasikan database yang ada di sekolah ke Schoology, dan fitur lainnya yang cukup membantu pengajar dalam proses mengajar.
Pengajar dapat membuat kelas, menambahkan materi untuk kelas tersebut - tugas, quiz, artikel, link referensi materi, diskusi, foto, dan juga halaman web. Fitur Schoology biasa yang tidak berbayar memberikan 15Gb ruangan untuk menguggah file untuk 100 murid.
Schoology juga mempunyai fitur rapot, yan secara otomatis menghitung nilai dari tugas, quiz, dan ulangan yang sudah di buat pengguna. Dan juga pencatat absensi, dimana murid bisa ditandai sebagai “hadir”, “izin”, ”terlambat”, ataupun “tidak masuk”.

KESIMPULAN
Baik Edmodo ataupun Schoology dapat membantu proses pengajaran secara online, dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Secara tampilan mungkin Edmodo dapat terbilang lebih user friendly, namun dari segi fitur, Schoology dapat mencakup lebih banyak fungsi-fungsi untuk pembelajaran online atau E-learning.
https://www.schoology.com


23. Schoolmedia
merupakan website aplikasi pendidikan yang dilengkapi dengan network sosial. Schoolmedia menghubungkan masyarakat dengan komunitas sekolah untuk saling berbagi pengetahuan. Schoolmedia tempat bertemunya lembaga dan individu, antara guru, siswa, orangtua siswa, alumni sekolah, personil lembaga, maupun masyarakat umum untuk saling berinteraksi dan saling memberikan manfaat.
https://www.schoolmedia.id/

24. Quipper (Situs Latihan Soal Ujian)
Quipper hadir sebagai situs belajar untuk siswa SD hingga SMA. Media Pembelajaran di Quipper mayoritas adalah berupa video interaktif. Dan kebanyakan video yang tersedia di situs ini disediakan untuk membantu persiapan Ujian Sekolah, Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN bagi siswa  SMA. Satu kekurangan dari situs ini adalah  adanya fee yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan semua video dan soal-soal latihan yang ada. Namun tenang saja, Quipper juga menyiapkan beberapa video pembelajaran yang gratis kok, yang dapat kita akses melalui youtube.
https://link.quipper.com/id/

25. E-Smart School
Situs pendidikan anak yang menyajikan informasi-infor¬masi yang bermanfaat bagi anak didik, mulai dari infor¬masi Pengetahuan Komputer, Pengetahuan Umum, Cerita Anak/Dongeng, Pelajaran Sekolah, Konsul-tasi, Seputar Pendidikan, informasi untuk para orang tua, dan contoh-contoh hasil karya. Situs ini juga dilengkapi dengan keanggotaan, sehingga Anda atau anak Anda da¬pat memasuki member area dengan mendaftar terlebih dahulu sebagai member dan melakukan login. Tersedia juga bank soal untuk materi SD, SMP dan SMU. Karena tampilannya yang cukup menarik, situs ini telah mendapatkan penghargaan sebagai Situs Terbaik Periode 2004-2005 versi Komputer Aktif untuk kategori Pendidikan.
http://www.e-smartschool.com/

26. Education Microsoft
bekerja sama dengan ratusan ribu sekolah dan lembaga pendidikan untuk memecahkan masalah-masalah besar. Berikut adalah sumber belajar untuk memandu pemimpin sekolah selama proses transformasi sekolah dengan visi untuk memberdayakan peserta didik demi mencapai prestasi yang lebih baik.
https://education.microsoft.com/
https://www.microsoft.com/id-id/education/school-leaders/create-innovative-schools/default.aspx

27. G Suite  (punya Google)
adalah paket layanan berbasis cloud yang dapat menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah Anda—tidak hanya menggunakan email dan chat, namun juga melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen secara real-time, dan lainnya. Cukup daftarkan akun G Suite dan sediakan nama domain yang ingin Anda gunakan dengan layanan Google. Setelah terverifikasi sebagai pemilik domain, Anda dan tim Anda dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, Blogger, dan layanan lainnya.
https://gsuite.google.com/learning-center/#!/

28. Kelas Kita (Marketplace Pendidikan Indonesia)
Merupakan portal pendidikan yang menyediakan berbagai kursus yang bisa diikuti pengunjung. Berbagai materi pembelajaran hingga materi pengetahuan umum bisa guru dapatkan disini, sehingga bisa menjadi tambahan modal mengajar di kelas.  Let’s be an “out of the box” teacher!
https://kelaskita.com/

29. Wolfram Alpha (Situs Belajar Online Internasional)
Wolfram Alpha merupakan portal belajar online yang  hampir mirip dengan zenius education. Disini tersedia begitu banyak sumber belajar yang bisa dipelajari. Mulai dari matematika, bahasa, kimia, biologi, statistika, astronomi, music, seni keterampilan dan masih banyak lagi. Hanya saja, Wolfram Alpha hingga saat ini hanya tersedia dalam versi bahasa inggris.
https://www.wolframalpha.com/

30. Music Theory (Website Pendidikan Seni Musik)
Inilah media pembelajaran online yang sangat direkomendasikan bagi guru yang akan mengajarkan music. Ya, karena di website pendidikan Music Theory, kita bisa belajar tentang pengenalan music dasar, ritme, interval dalam lagu, chord dalam lagu, nada diatonis, dan masih banyak lagi. Menarik kan?
https://www.musictheory.net/

31. Wikihow (Situs Pendidikan Ragam Cara)
Sudah pernah membuka situs yang satu ini? Ya, ini merupakan situs belajar terlengkap yang berisi tentang “tutorial/cara”. Tutorial lengkap tentang “cara” akan disajikan oleh website ini. Kita tinggal mengetikkan apa yang kita cari di kolom pencarian. Ini akan menjadi media pembelajaran yang sangat menarik. Dan siswa akan dapat menemukan cara kerja yang harus dia lakukan secara mandiri.
Contoh : Dalam pelajaran SBdP/SBK/KTK, siswa diminta untuk membuat sebuah karya origami. Sebelumnya,kita minta siswa untuk mencari cara membuat ragam bentuk origami di wikihow. Maka siswa akan menemukan sendiri tatacaranya dan membuat karya tersebut secara mandiri.
http://id.wikihow.com

32. Windows Live Photo Gallery (Situs Media Pembelajaran Visual)
Memotivasi siswa untuk belajar dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah menggunakan media belajar yang tak biasa. Jika mungkin media pembelajaran berupa poster atau gambar dalam buku terkadang membuat siswa bosan, slideshow kumpulan gambar yang disajikan di layar LCD mungkin bisa lebih menarik antusias siswa. Dan hal ini sangat mudah dilakukan dengan Windows Live Photo Gallery yang dapat digunakan secara gratis. Mau coba? Langsung saja kunjungi situs di bawah ini
http://explore.live.com/windows-live-photo-gallery

33. Microsoft Photosynth (Situs Pendidikan Mengenal Tempat Penting Dunia)
Masih dari edusite keluaran Microsoft, website pendidikan satu ini menawarkan fitur yang sangat menarik yakni siswa dapat menjelajahi obyek terkenal dan tempat wisata dari berbagai belahan dunia melalui media visual 3 dimensi. Ingin mencobanya?
http://www.photosynth.net/

34. Wordwide Telescope (Website Pendidikan Astronomi)
Mungkin guru masih sulit menemukan media pembelajaran yang bisa benar-benar memberikan visualisasi nyata saat mengajar materi tata surya. Nah, inilah situs pendidikan online yang paling recommended untuk menjawab kebutuhan guru tersebut. Ya,  Wordwide Telescope. Website pendidikan satu ini hadir dengan visualisasi nyata tentang astronomi. Daripada membayangkan bagaimana tampilannya, langsung saja sahabat guru kunjungi laman-nya.
http://www.worldwidetelescope.org/webclient/

35. Songsmith Free Trial (Situs Online Menyanyi)
Menyanyi adalah aktifitas yang digemari anak. Untuk mendukung antusias anak dalam bernyanyi, ada satu situs pendidikan yang bisa guru manfaatkan. Yakni Songsmith Free Trial. Hanya dengan menghubungkan situs ini dengan system speaker dalam laptop, anak bisa bebas bernyanyi dan otomatis musik pengiring akan muncul. Langsung saja deh praktikkan!
http://www.microsoft.com/songsmith

36. WardayaCollege
Di situs yang didirikan oleh Anton Wardaya ini guru maupun siswa dapat belajar matematika dan sains kimia. Sumber belajar yang disajikan dalam format materi tertulis, gambar, hingga video akan memudahkan kita dalam memahami materi matematika dan sains kimia yang tersedia di situs belajar online yang satu ini. Semua konten tersedia secara gratis lhoh. Tertarik untuk mencoba?
https://www.wardayacollege.com/

37. Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Website selanjutnya adalah Pembinaan kursus dan Pelatihan. Website ini memiliki Visi “Terwujudnya Insan Indonesia yang Terampil dan Profesional”. Visi ini dirumuskan berdasarkan pada filosofi dimana terbentuknya Indonesia yang kompetitif saat menghadapi berbagai cobaan dan tantangan.  Visi tadi sering dikaitkan dengan visi dari Direktorat Jendral Pendidikan Formal dan Nonformal yaitu “Menuju Masyarakat Pembelajar Sepanjang Hayat.”
http://www.infokursus.net

38. Radio Suara Edukasi :
Yang selanjutnya adalah Suara Edukasi AM 1440 Khz atau Radio Suara Edukasi. Radio Suara Edukasi merupakan sebuah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi atau PUTEKKOM. Kementrian Pendidikan Nasional memiliki fungsi dan tugas untuk membina, mengembangkan, dan mengevaluasi kegiatan dibidang teknologi pendidikan dan pemberdayagunaan Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) untuk pendidikan.
Sejak awal berdirinay PUSTEKKOM telah dikembangkan sebuah model pembelajaran terbuka dan jarak jauh. PUSTEKKOM memanfaatkan TIK, mereka memanfaatkan untuk membuat Siaran Radio Pendidikan dengan nama Suara Edukasi.
http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id
Radio Edukasi :  http://radioedukasi.kemdikbud.go.id/

39. The Fourth R Inc.
The Fourth R Inc., berdiri sejak 1991, menyediakan kur¬sus, assessment software, sertifikasi berkualitas tinggi. Menjadikannya sebagai pusat belajar dan sekolah di selu-ruh dunia. Telah memiliki 150 cabang di lebih dari 20 negara.
The Fourth R Indonesia memfokuskan untuk me¬nyediakan training komputer bagi anak-anak mulai usia 3 sampai 14 tahun, maupun dewasa, dengan konsep Performance-Based Training. Informasi utama yang ter¬saji adalah School Programs, Youth Programs, Corporate Training, IT Training, Partner with Us.
http://www.fourthr.com

40. PENDIDIKAN.TV
Pendidikan TV (Education TV) dimaksudkan untuk me¬rangkum infor-masi yang berhubungan dengan meng¬gunakan Teknologi Pendidikan untuk membantu Pendidik, Pelajar dan Masyarakat. Situs ini merupakan situs yang bersifat non-profit, semua informasi yang disampaikan hanya demi kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam perkembangan teknologi pendidikan dan informasi. Informasi yang tersedia dalam situs ini antara lain Komputer & Pendidikan, Internet & Pendidikan, Teknologi Pelajaran, Laboratorium Bahasa, WWWEb, TV/Radio. Tersedia juga layanan forum dan mailing list.
Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan dan Lowongan & Pencari kerja dr situs resmi Kemendikbud :  Jika anda masih menganggur ikuti kursus garatis untuk bekal skill anda dan ada informasi lowongan kerja dari pemerintah:
http://www.infokursus.net/
http://www.pendidikan.tv/